PEREMPUAN KELUAR RUMAH! BANGUN ORGANISASI dan GERAKAN PEREMPUAN LAWAN PATRIARKI dan KAPITALISME untuk KESETARAAN dan KESEJAHTERAAN

20 Juni 2011

Hari Bersejarah Bagi Dunia


MahardhikaNews, 17/06/2011 di Jenewa, Swiss adalah hari bersejarah bagi dunia, karena Dewan HAM PBB akhirnya mengesahkan resolusi terkait persamaan hak bagi semua orang tanpa memandang orientasi seksual.
  
Perjuangan selama bertahun-tahun kaum Lesbian Gay Biseksual dan Transgender (LGBT) digunakan pada tahun 1990-an menggantikan frase Gay karena istilah ini mewakili semua kelompok yang bukan heteroseksual. Maka istilah ini dibuat dengan tujuan untuk menekankan keanekaragaman yang berdasarkan identitas seksualitas dan gender.



 Banyak terjadi diskriminasi dan kekerasan terhadap kaum minoritas LGBT di tempat kerja. Dimana diskriminasi atau kekerasan bukan hanya berdampak pada psikologis bahkan berujung pada kematian. Beberapa kasus yang terjadi adalah penyerbuan terhadap forum ILGA di Surabaya oleh kelompok yang mengatasnamakan agama selain itu penembakan 2 orang waria  hingga berujung pada kematian di jakarta oleh oknum yang tidak dikenal.

 Maka dengan disahkan Resolusi PBB terkait persamaan hak homoseksual di akui oleh 23 Negara Angoota PBB “tidak ada seorang pun yang harus mengalami diskriminasi atau kekerasan akibat orentasi seksual atau identitas gender masing-masing karena pelanggaran terhadap hak-hak kaum LGBT akan dianggap sebagai pelanggaran HAM tingkat tinggi” (ujar Jerry Matthews Matjila). Juga ditekankan bahwa menurut data Amnesti Internasional, homoseksualitas masih ilegal di 76 negara di seluruh dunia.

Selamat kepada kaum LGBT  dengan disahkan resolusi PBB terkait persamaan hak homoseksual. Tapi Perjuangan kita masih panjang agar resolusi ini benar-benar ditetapkan di Indonesia karena pemerintahan di negeri ini termasuk yang gagal memberikan perlindungan bagi kaum  LGBT.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar